Databola.net – PSG akan kembali berhadapan Real Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada tengah pekan ini. Namun, raksasa Prancis itu akan menghadapi tantangan besar apabila ingin lolos ke babak berikutnya.

Tim asuhan Unai Emery tersebut menelan kekalahan 3-1 dari Madrid di leg pertama. Oleh karena itu, PSG harus mengalahkan sang juara bertahan setidaknya dengan margin dua gol.

Membalikkan keadaan setelah kalah di leg pertama bukanlah sesuatu hal yang mustahil dalam sejarah Liga Champions. Beberapa tim pun pernah melakukannya setelah tertinggal lebih dari satu gol.

Berikut ini lima comeback terbaik dalam Liga Champions seperti dilansir Sportskeeda. (skd/ada)

berita bola

  • Chelsea vs Napoli (2011-12)

Saat dalam upanya mereka memenangkan Liga Champions pertama mereka, Chelsea menjadi tim pertama dalam sejarah kompetisi yang mampu membalikkan defisit dua gol pada leg pertama dan melangkah ke perempat final.

Chelsea terancam tereliminasi setelah mengalami nasib buruk di Italia. Juan Mata memberi The Blues keunggulan, namun dua gol dari Ezequiel Lavezzi dan satu dari Edinson Cavani membuat tim Italia itu unggul.

Antara leg pertama dan kedua, Chelsea melakukan pergantian pelatih setelah Andre Villas-Bias digantikan Roberto Di Matteo. Hal ini menginspirasi The Blues melakukan comeback bersejarah di Stamford Bridge.

Chelsea mencetak gol terlebih dahulu lewat Didier Drogba dan John Terry meski Gokhan Inler mampu memperkecil kedudukan. Penalti dari Frank Lampard membuat pertandingan harus diteruskan lewat perpanjangan waktu dan Chelsea memastikan lolos ke perempat final berkat Branislav Ivanovic.

Leg Pertama: Napoli 3-1 Chelsea
Leg Kedua: Chelsea Napoli 4-1
Skor Akhir: Chelsea 5-4 Napoli

berita bola

  • Barcelona vs AC Milan (2012-13)

San Siro bukanlah tempat yang menyenangkan bagi Barcelona belakangan ini. Setelah tersingkir dari Liga Champions pada 2009-10 oleh Inter Milan asuhan Jose Mourinho, tiga tahun kemudian, mereka kembali menelan kekalahan kali ini dari AC Milan.

Kevin-Prince Boateng dan Sulley Muntari membuat Barcelona terancam tereliminasi. Namun, dua minggu kemudian, di Camp Nou, mereka mampu menyuguhkan cerita yang berbeda.

Lionel Messi menjadi bintang untuk malam itu setelah ia mencetak gol pembuka setelah pertandingan berjalan lima menit dan gol penyama kedudukan. Setelah jeda, David Villa membawa Barca unggul secara agregat, namun mereka tidak pernah merasa aman sampai Jordi Alba mencetak gol dua menit menjelang akhir pertandingan.

Leg Pertama: AC Milan 2-0 Barcelona
Leg Kedua: Barcelona 4-0 AC Milan
Skor Akhir: Barcelona 4-2 AC Milan

berita bola

  • Manchester United vs Olympiakos (2013-14)

Salah satu penampilan mengecewakan Manchester United pada era David Moyes terjadi saat melawan Olympiakos.

Pada leg pertama di Athena, Alejandro Dominguez dan Joel Campbell membuat tuan rumah berada dalam posisi kuat menjelang pertandingan kedua. United tidak mampu berbuat apa-apa di pertandingan pertama.

United sebelumnya sebelumnya pernah membalikkan defisit dua gol setelah mengalahkan Barcelona 3-0 di final Piala Winners 1984, dan meski lawan mereka lebih lemat pada kesempatan ini, mereka mampu mengulangi prestasi tersebut.

Robin Van Persie menjadi pahlawan Setan Merah di Old Trafford. Bomber asal Belanda itu mencetak hattrick untuk membawa MU melangkah ke babak perempat final.

Leg Pertama: Olympiakos 2-0 Manchester United
Leg Kedua: Manchester United 3-0 Olympiakos
Skor Akhir: Manchester United 3-2 Olympiakos

berita bola

  • AS Monaco v Manchester City (2016-17)

Kemenangan Manchester City dengan skor 5-3 atas AS Monaco di Stadion Etihad merupakan salah satu pertandingan yang paling menonjol pada musim lalu.

Setelah memimpin dengan skor besar, City sangat diunggulkan untuk melangkah ke babak selanjutnya. Namun, Monaco menolak menyerah dan bahkan bisa membalikkan keadaan di Stade Louis II.

Kylian Mbappe, Fabinho dan Tiemoue Bakayoko memborong gol untuk Monaco Meski Leroy Sane sempat memperkecil kedudukan, namun hal itu belum cukup untuk membuat City lolos karena Monaco punya keuntungan gol tandang.

Leg Pertama: Manchester City 5-3 AS Monaco
Leg Kedua: AS Monaco 3-1 Manchester City
Skor Akhir: AS Monaco 6-6 Manchester City (Monaco lolos karena gol tandang)

berita bola

  • Barcelona vs PSG (2016-17)

Kemenangan PSG 4-0 atas Barcelona di Parc des Princes sepertinya akan mengamankan tempat mereka di perempat final Liga Champions. Tim Catalan memang sedang menjalani musim yang buruk pada saat itu.

Namun, di luar dugaan, Barcelona ternyata mampu menyuguhkan momen ajaib di Camp Nou. Dalam waktu tiga menit di leg kedua, Luis Suarez berhasil membuka skor untuk Barca. Gol bunuh diri dari Layvin Kurzawa sebelum jeda memberi harapan comeback sebelum penalti Lionel Messi di awal babak kedua membuat mimpi itu nyata. Cavani, sempat mencatatkan namanya di papan skor setelah pertandingan berjalan satu jam.

Saat pertandingan tersisa tiga menit, Neymar berhasil mencetak dua gol sebelumnya akhirnya Sergi Roberto memastikan Barcelona lolos ke babak selanjutnya.

Leg Pertama: PSG 4-0 Barcelona
Leg Kedua: Barcelona 6-1 PSG
Skor Akhir: Barcelona 6-5 PSG

BACA JUGA :

Leave a Reply