databola.net – Gelandang kerap menjalankan permainan sepakbola. Menghubungkan pertahanan dan serangan, para pemain ini sering bertanggung jawab mengatur tempo bagi timnya masing-masing.

Semua tim terbaik di dunia memiliki satu gelandang yang mampu mengatur jalannya pertandingan dan menghentikan tim lawan. Meski pemain yang berada di daftar ini semuanya di atas 30, tidak ada yang meragukan bahwa mereka masih punya peran penting dan mampu membuat perbedaan.

berita bola

Inilah lima gelandang terbaik berusia di atas 30 tahun seperti dilansir Sportskeeda.

Arturo Vidal (Bayern Munchen)

Salah satu gelandang paling konsisten dalam beberapa musim terakhir, Arturo Vidal dari Bayern Munchen dikenal karena penampilannya yang seperti petarung di lini tengah baik untuk klub maupun negaranya.

Punya skill dan tidak takut melakukan tekel, Vidal adalah salah satu gelandang paling lengkap dalam sepakbola dan mampu bermain sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah atau bahkan sebagai gelandang serang.

Superstar Chile tersebut tampil brilian di musim ini untuk Bayern Munchen. Setelah membuat 29 penampilan untuk raksasa Bavaria, Vidal menambahkan kekuatan dan dimensi yang berbeda di lini tengah.

Pemain berusia 30 tahun itu sudah dikaitkan dengan kepindahannya menuju Premier League dalam beberapa pekan terakhir dan menarik untuk melihat di mana Vidal akan bermain musim depan.

Fernandinho (Manchester City)

Manchester City memainkan sepakbola yang indah pada musim ini. Meski pemain seperti Kevin  De Bruyne, David Silva dan Sergio Aguero yang biasanya mendapatkan pujian, tapi Fernandinho punya peran yang tak kalah pentingnya untuk City.

Pemain berusia 32 tahun asal Brasil ini merupakan salah satu pemain City yang paling dinamis musim ini, mencakup hampir semua area di lapangan dan tidak pernah membiarkan pemain lawan menguasai bola. Bermain sebagai gelandang bertahan, Fernandinho juga mampu melakukan serangan dengan umpan indahnya.

Dengan tiga gol dan tiga assist musim ini, Fernandinho bisa dibilang adalah gelandang bertahan terbaik dan terlengkap di Premier League saat ini dan Pep Guardiola berharap pemain Brasil itu terus tampil bagus sampai akhir musim.

Luka Modric (Real Madrid)

Real Madrid adalah tim yang penuh dengan superstar. Pemain seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale dan Isco akan selalu memiliki tempat di tim Real Madrid. Namun, ketika mereka bertemu dengan tim yang bertahan total, mereka mengandalkan meastro lini tengah mereka Luka Modric untuk memecah pertahanan lawan.

Gelandang Kroasia itu bisa dibilang sebagai gelandang terbaik di dunia musim lalu. Namun musim ini, seperti timnya, performa pemain berusia 32 tahun itu sedikit menurun. Masih menjadi salah satu pemain paling penting di klub, Los Blancos akan sangat kesulitan menemukan pengganti sekaliber Modric di masa depan.

Kemampuan pemain Kroasia itu dalam mendistribusi bola membuatnya menjadi aset yang sangat berharga. Dengan Real Madrid masih hidup di Liga Champions, Modric berharap bisa mengakhiri musim ini dengan gelar Eropa lainnya.

BACA JUGA :

Andres Iniesta (Barcelona)

Salah satu legenda sejati di sepakbola, Andres Iniesta meski sudah berusia 33 tahun masih tetap salah satu gelandang terbaik di planet ini. Setelah musim 2016/17 yang relatif buruk dengan standarnya yang tinggi, pemain Spanyol itu seakan seperti terlahir kembali di bawah Ernesto Valverde musim ini dan dia pasti ingin membantu Barcelona mencapai target yang tinggi.

Diberkahi dengan visi yang sangat bagus, kemampuan passing dan keterampilan dribbling yang hebat, Iniesta sering menjadi arsitek dalam kesuksesan Barcelona selama beberapa tahun belakangan ini.

Selain itu, Iniesta memiliki kemampuan untuk tampil bagus dalam pertandingan terbesar. Satu-satunya pemain yang menjadi pemain terbaik dalam pertandingan di final Piala Dunia dan Liga Champions, Iniesta baru saja menandatangani kontrak seumur hidup dengan Barcelona dan dengan kehadiran Philippe Coutinho, pemain gelandang Spanyol itu masih punya beberapa tahun lagi di klub.

David Silva (Manchester City)

Manchester City memainkan sepak bola yang indah dan elegan musim ini dan mungkin pemain yang paling mencerminkan gaya bermain City musim ini adalah gelandang berusia 32 tahun asal Spanyol, David Silva.

Mantan pemain Valencia itu cukup hebat musim ini, mendikte permainan dengan umpan cerdas dan tajamnya. Hanya dalam 21 penampilan di Premier League, Silva sudah membuat delapan assist dan mencetak lima gol untuk menjadikannya salah satu pemain paling produktif di City.

Meski sebagian besar pemain biasanya melambat setelah usia 30 tahun, Silva bisa dibilang sekarang memiliki musim terbaiknya di Premier League. Merupakan gelandang terbaik kedua di liga setelah Kevin De Bruyne, Silva melewati Iniesta dan Modric sebagai gelandang terbaik (di atas 30) di dunia saat ini.

berita bola