Databola.net – Mantan pemain Real Madrid, Xabi Alonso mengungkap sebuah rencana yang di susunnya dengan mantan pelatihnya Jose Mourinho yang bertujuan untuk mematikan pergerakan bintang Barcelona, Lionel Messi.

Alonso dan Mourinho, saat itu masih membela Madrid, mengaku kerap dibuat kesulitan oleh Messi di setiap jilid El-Clasico. Karena itu, mereka pun sering berdiskusi untuk mendapatkan cara ampuh untuk membuat Messi tidak berkutik.

Menurut Alonso, penyusunan rencana ini juga melibatkan sang kapten, Sergio Ramos.

“Messi selalu menimbulkan banyak kesulitan pada saya, saya, Mourinho dan Ramos sering berdiskusi tentangnya. Kami mulai untuk mengendalikan Messi dengan saya yang akan menjaganya,” buka Alonso dikutip dari Media Spanyol.
w

“Kami mengorbankan posisi saya untuk menjaga pergerakan Messi. Tapi, begitu kami bisa mengendalikan Messi, pertandingan tetap sama saja,” sambungnya.

Alonso mengakui bahwa dirinya memang kerap mengalami kesulitan asal menghadapi Barca saat itu. Menurutnya, Barca di era tersebut sedang berada dalam era keemasan. Madrid pun kerap kalah saat berjumpa dengan seteru abadinya.

Salah satu kekalahan paling pahit yang akan terus dikenang yakni saat kalah telak dengan skor 5-0 pada tahun 2010 silam.

“Kekalahan itu mengubah banyak hal. Saat itu kami belum siap untuk bersaing. Kami baru siap satu tahun berikutnya. Barc dominan, tapi pada akhir tahun 2011 kami tahu bahwa kami bisa menyerang siapa pun dengan empat gerakan,” tutup Alonso.

Leave a Reply