Barcelona harus pulang dengan tangan hampa dari lawatan mereka ke Estadio Balaidos dalam lanjutan La Liga Spanyol, Senin (3/10) dini hari WIB, setelah di luar dugaan dipaksa menelan kekalahan 4-3 lawan Celta Vigo.


Databola.net- Blaugrana mengawali pertandingan dengan pergerakan yang cepat, penetrasi Neymar langsung membuahkan tendangan bebas tipis di luar kotak penalti Celta Vigo, namun eksekusi sang bintang asal Brasil tersebut hanya membentur pagar hidup.

Anak asuh Luis Enrique praktis lebih mendominasi jalannya permainan, terutama dalam 15 menit pertama. Hanya saja, sebuah kesalahan umpan menjadi bencana, Iago Aspas yang mengambil alih bola tersebut melepaskan umpan cermat yang dituntaskan Pione Sisto pada menit ke-22.

Barcelona yang berusaha menyamakan skor justru kembali dikejutkan dengan skema serangan balik cepat pada menit ke-31, dan membuat Iago Aspas dalam posisi terbuka dan eks penggawa Liverpool itu menyelesaikan peluang dengan tembakan keras kaki kiri.

Bencana bagi Barcelona terus bertambah seiring terciptanya gol ketiga Celta Vigo dua tiga menit kemudian. Jeremy Mathieu yang hendak menghalau umpan diagonal Pablo Hernandez justru berbelok arah dan masuk ke gawang sendiri. Keunggulan 3-0 Celta Vigo bertahan hingga turun minum.

Barcelona Tumbang Dikandang Celta Vigo

Barcelona Tumbang Dikandang Celta Vigo

Memasuki paruh kedua, Barcelona melakukan perubahan taktik dengan memasukkan Andres Iniesta untuk mengganti Rafinha. Masuknya sang gelandang berpengalaman menambah kreativitas lini tengah Barcelona dan membuat tim asal Catalan tersebut bisa melancarkan tekanan-tekanan berbahaya.

Benar saja, Iniesta menjadi inspirasi gol balasan Barcelona yang datang pada menit ke-58, sebuah umpan lambungnya dari sisi kiri berhasil disambar Gerard Pique yang menanduk bola ke dalam gawang Celta Vigo.

Moral tim tamu kian meningkat dan sejumlah serangan membuahkan penalti ketika Hugo Mallo menjatuhkan Andre Gomes dikotak terlarang pada menit ke-64. Neymar yang menjadi eksekutor tendangan penalti tanpa kesulitan memperdaya Sergio Alvarez sekaligus menipiskan ketertinggalan Barcelona.

Bukannya mempertahankan momentum positif, Barcelona justru kembali kecolongan. Marc-Andre ter Stegen melakukan Kesalahan konyol, dimana dirinya berniat mengumpan ke arah kiri pertahanan timnya malah mengenai kepala Pablo Hernandez pada menit ke-77 dan bola sempat membentur tiang sebelum melewati garis gawang.

Dua menit berselang, koordinasi lini belakang yang buruk hampir membuat Barcelona lengah dan terancam aksi Iago Aspas. Menit ke-87, Pique mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua selepas menyundul umpan Denis Suarez, akan tetapi itu tak cukup membawa Barcelona meraih angka, skor akhir 4-3 untuk kemenangan Celta Vigo.