Databola.net – Manajer anyar asal Portugal ini menampik segala tuduhan penggelapan pajak saat masih melatih raksasa Spanyol, Real Madrid.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho menyampaikan pernyataan resmi melalui sang agen setelah dirinya dituduh melakukan penggelapan pajak di Spanyol saat masih membesut Real Madrid. Mourinho dengan tegas mengaku saudah membayar semua pajak yang dibebankan kepadanya.

Seperti dikabarkan media Spanyol, seorang jaksa lokal di Spanyol mengatakan bahwa Jose Mourinho diduga telah melakukan penggelapan pajak senilai £2,9 juta (€3,3 juta) selama tiga tahun bertugas di Santiago Bernabeu. Namun Gestifute, perusahaan agensi sepakbola milik agen Mourinho, Jorge Mendes, menepis semua tuduhan yang dialamatkan kepada kliennya itu.

“Jose Mourinho tidak pernah menerima pemberitahuan dari pihak otoritas perihal pemberitaan pada Selasa kemarin. Sampai hari ini, baik itu otoritas pajak Spanyol atau jaksa penuntut umum belum melakukan kontak apapun kepada Jose Mourinho maupun penasihat hukumnya,” demikian tertulis di laman resmi Gestifute.

“Jose Mourinho, yang tinggal di Spanyol mulai Juni 2010 hingga Mei 2013, telah membayar pajak senilai lebih dari €26 juta, dengan beban pajak sebesar 41 persen, dan telah menyetujui proposal yang diberikan otoritas pajak Spanyol kepadanya.”

“Pemerintah Spanyol, melalui departemen pajak, kemudian menerbitkan sertifikat yang mengesahkan bahwa Jose Mourinho telah melakukan kewajibannya membayar pajaknya di Spanyol.”

Tuduhan penggelapan pajak dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi tren di kalangan pesepakbola elite di Spanyol. Lionel Messi direpotkan dengan kasus serupa dengan melibatkan dana mencapai £3,5 juta. Pekan lalu, giliran Cristiano Ronaldo yang menjadi contoh terbaru di mana dirinya dikabarkan tidak membayarkan pajak sebesar £13 juta.