Databola.net- Gagasan dari legenda Belanda tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan level dan kualitas permainan sepakbola agar lebih menarik untuk dinonton.

Direktur teknik FIFA, Marco van Basten menyerukan agar peraturan off-side dihapus saja sehingga dapat membuat sepakbola lebih ‘jujur, dinamis dan menarik’.

Sang legenda sepakbola Belanda, yang terpilih sebagai pemain terbaik dunia pada 1992 lalu, saat ini dipercaya oleh FIFA untuk mengembangkan area teknik permainan agar lebih menghibur.

Van Basten mengatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas permainan adalah mengubah aturan yang sudah lama berlaku, sembari menekankan tambahan hukuman untuk bisa meningkatkan efek jera bagi para pemain.

“Kami harus terus mencari cara baru agar bisa meningkatkan kualitas permainan,” tandasnya kepada media Inggris. “Ini bertujuan untuk membuatnya lebih jujur, dinamis, dan menarik, jadi gagasan kami saya kira cukup atraktif.”

“Ada banyak variasi yang dibutuhkan untuk diaplikasikan dalam beberapa tahun ke depan. Penampungan sanksi akan mengetatkan tim. Sulit untuk bermain dengan sepuluh lawan 11, biarkan menjadi delapan atau sembilan.”

Lebih lanjut, Van Basten juga mengungkapkan ide untuk mengganti babak perpanjangan waktu dan adu penalti dengan sistem baru yang diadopsi dari olahraga hoki, yakni membiarkan pemain melakukan giringan dari jarak tertentu dengan menghadapi kiper lawan.