Hukuman berat dijatuhkan komisi disiplin Liga Super China kepada playmaker Brasil itu menyusul aksi tak terpuji yang dilakukanan pada akhir pekan lalu.

Federasi Sepakbola Tiongkok (CFA) resmi menjatuhkan hukuman berat kepada superstar Shanghai SIPG Oscar dengan larangan bermain sebanyak delapan pertandingan setelah dirinya di anggap memprovokasi keributan antarpemain dalam partai Liga Super Tiongkok.

Mantan pemain Chelsea itu melakukan tindakan tidak terpuji saat timnya bermain imbang 1-1 kontra tuan rumah Guangzhou R&F, Minggu (18/6). Jelang babak pertama berakhir, Oscar secara sengaja menendang bola secara keras ke arah dua pemain lawan sehingga memicu kericuhan antar pemain di dalam lapangan.

Menariknya, Oscar luput dari hukuman wasit dan bahkan melanjutkan permainan hingga tuntas, sementara terdapat dua pemain dari masing-masing kubu yang dikartu merah sebagai buntut insiden tersebut. Meski demikian, pemain Brasil itu tidak bisa lolos dari komisi disiplin CFA.

Bukan cuma diskors delapan laga, yang akan membuatnya absen sampai 13 Agustus, Oscar juga didenda sebesar $5000 (sekitar Rp 66,67 juta) oleh CFA. Keputusan ini diambil beberapa hari setelah CFA meminta saran kepada federasi tertinggi sepakbola, FIFA terkait hukuman yang tepat untuk Oscar.

Dalam pernyataan resminya pada Kamis (22/6), CFA menyebut bahwa Oscar telah melakukan pelanggaran tidak bermoral yang memicu keributan di lapangan dan memberikan dampak yang sangat buruk terhadap sepakbola di China.

“CFA selalu memberikan perhatian besar terhadap isu disiplin. Kami ingin mencabut segala pelanggaran kasar dan tindakan tidak sportif sampai ke akar-akarnya,” lanjut pernyataan resmi CFA.

Sejak bergabung dari Chelsea pada bura transfer Januari lalu, Oscar telah mencatatkan 21 penampilan bersama SIPG dengan kontribusi empat gol dan sepuluh assist.

Leave a Reply