FRANCK RIBÉRY

FRANCK RIBÉRY

FRANCK RIBÉRY

Gelandang

Tinggi Badan

1.70 m

Bedat Badan

72 kg

Tempat Lahir

Boulogne-sur-Mer, Perancis,

Tanggal Lahir

07/04/1983
FRANCK RIBÉRY

Career

  • Debut Klub Boulogne
  • Klub Sebelumnya Marseille

Overview

FRANCK RIBÉRY- Merupakan salah satu gelandang yang beroperasi di sektor sayap. Ia kerap merepotkan lini pertahanan lawan dengan dribel dan kecepatan yang ia miliki. Kemampuannya sebagai seorang pemain sayap sangat diandalkan oleh Timnas Perancis. Sejak bergabung dengan tim senior Les Blues, Ribery hampir selalu disertakan dalam skuad Perancis yang berlaga dalam suatu kejuaraan.

Ribery terkenal sebagai salah seorang pemain sayap yang kerap mengecoh pemain belakang lawan dengan kemampuan dribelnya yang cepat dan akurat. Ia telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa. Bersama dengan Arjen Roben dan Thomas Muller, Ribery sukses membawa Bayern Munich menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di dunia.

Awal karir sepak bola Ribery bisa dikatakan tak secemerlang beberapa bintang lain pada periode awal mereka memulai karir. Ia menghabiskan empat tahun pertama kehidupan sepakbolanya di Prancis dengan bermain untuk empat klub yang berbeda. Boulogne, Alès, Stade Brestois dan Metz pernah merasakan jasa pemain yang kerap beroperasi di sektor sayap kiri ini sebelum Galatasaray merekrutnyapaa 2005 silam.

Penampilannya kala ia bermain kembali di Perancis membuat banyak klub elit Eropa menyatakan ketertarikan mereka terhadap gelandang sayap tim nasional Perancis tersebut. Setelah kekecewaan yang ia rasakan akibat kekalahan di partai final Piala Dunia 2006 oleh Italia, kabar kepindahan bintang Perancis tersebut semakin santer dikaitkan dengan beberapa klub elit Eropa.

Akhirnya, klub raksasa asal Jerman, Bayern Munich, memenangi “perlombaan” untuk mendapatkan tanda tangan Ribery kala ia sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat tahun untuk Munchen. Nilai kontrak tersebut mampu memecahkan record transfer klub kala itu dengan nominal senilai € 26 juta.

Pada musim tersebut pula, Franck Ribery sukses membantu FC Hollywood meraih treble winner pada musim 2012/13 dengan sumbangan gelar Bundesliga, DFB Pokal dan LIga Champions.

Atas penampilan apiknya sepanjang musim, Ribery dianugerahi gelar pemain terbaik Eropa untuk tahun 2013. Sayangnya, meski penampilannya istimewa sepanjang 2013, ia tetap harus puas berada di belakang Cristiano Ronaldo dan Leo Messi dalam perebutan gelar Ballon D’or 2013.