JAVI MARTINEZ

JAVI MARTINEZ

JAVI MARTINEZ

Gelandang

Tinggi Badan

1.90m

Bedat Badan

81 kg

Tempat Lahir

Estella, Spanyol

Tanggal Lahir

02/09/1988
JAVI MARTINEZ

Career

  • Debut Klub Osasuna B
  • Klub Sebelumnya Athletic Bilbao

Overview

Javier “Javi” Martínez Aginaga- Pemain asal Spanyol yang bermain saat ini bermain untuk klub Bayer Muenchen. Sebelum bermain untuk Muenchen, Martinez adalah mantan punggawa Athletic Bilbao. Martínez lahir di Estella, Spanyol pada 2 September 1988.

Di awal karirnya, Martinez menghadiri akademi Berceo di tahun 1993. Pada 1995, Martínez pindah ke Logroñés dan bertahan 2 tahun disana. Dari Logrones, Martínez sempat bergabung dengan CD Arenas selama tiga tahun lalu Izarra selama setahun dan yang terakhir adalag Osasuna pada 2001 selama 4 tahun.

Promosi ke tim profesional Martinez dapatkan di tahun 2005 namun bukan ke Osasuna yang bermain di La Liga melainkan ke Osasuna yang bermain di divisi kedua. Bersama Osasuna B selama semusim, Martínez mencatatkan 32 laga dan mencetak 3 gol. Meskipun belum pernah bermain untuk tim utama, pada 2006 Athletic Bilbao berani membeli Martinez yang masih berusia 17 tahun dengan harga 6 juta Euro.

Berkat penampilannya di Bilbao, Martinez sudah lama menjadi incaran klub-klub Eropa semacam Paris Saint-Germain, Schalke 04 dan juga Manchester United. Namun akhirnya Bayer Muenchen-lah berhasil mengamankan jasa Martinez pada 29 Agustus 2012 dengan membayar 40 juta Euro. Martinez menjadi pemain termahal dalam sejarah 50 tahun Bundesliga.

Martinez menjalani debutnya bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke-24 pada 2 September melawan VfB Stuttgart. Bermain di Jerman terbukti tidak membuatnya kualitasnya menurun, pada 24 November Martinez mencetak gol pertamanya melalui tendangan salto kala melawan Hannover 96.

Ia juga bermain di gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan setelah pada 20 Mei 2010, namanya dipanggil oleh Vicente del Bosque. Bosque kembali memanggilnya untuk tampil di Euro 2012. Secara pribadi, Bosque menganggap Martínez sebagai pemain yang lengkap dan sering dibandingkan dengan legenda Perancis, Patrick Vieira.

Pria bertinggi 1,90 meter ini dikenal sebagai pemain yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi sejak di Bilbao. Martinez juga memiliki seorang adik bernama Alvaro yang juga pemain sepakbola dan menempati posisi bek