Luke Shaw

Luke Shaw

Luke Shaw

Bek

Berat Badan

75 Kg

Tinggi Badan

1,85 m

Tempat Kelahiran

Kingston Upon Thames, England

Tanggal Lahir

12 Juli 1995
Luke Shaw

Career

  • Debut Klub Southampton
  • Klub Sebelumnya Southampton

Overview

Luke Shaw – Luke Paul Hoare Shaw (lahir 12 Juli 1995; umur 21 tahun) adalah pemain sepak bola Inggris yang bermain sebagai bek kiri untuk Manchester United dan tim nasional Inggris. Awalnya adalah anggota dari tim muda Southampton, Shaw membuat debut di tim utama pada Januari 2012, dan menandatangani kontrak profesional pertamanya pada bulan Mei tahun itu sebelum menjadi pemain reguler di tim Southampton. Pada tanggal 5 Maret 2014 ia membuat debut senior internasional dalam kemenangan 1-0 melawan Denmark pada pertandingan persahabatan. Dia terutama berposisi sebagai bek kiri.

Shaw lahir di Kingston upon Thames, dan lulusan Rydens Enterprise School di Hersham, Surrey. Ia dibesarkan sebagai seorang pendukung Chelsea, dan telah mengklaim bahwa ia awalnya ingin bermain untuk klub London tersebut. Shaw telah delapan tahun bermain di pusat pengembangan Chelsea di Guildford, tetapi tidak ditawari tempat akademi.

Shaw memulai karier juniornya di klub Southampton, kemudian memulai karier seniornya di klub tersebut. Shaw melakukan debutnya untuk Southampton pada tanggal 28 Januari 2012 dalam pertandingan Piala FA melawan Millwall.

Selama jendela transfer musim panas 2012, banyak rumor mulai muncul ke permukaan tentang masa depan Shaw, dengan Chelsea dan Arsenal dikabarkan telah berminat dalam merekrut full-back tersbeut. Dia memulai pertandingan pertamanya untuk tim utama Southampton pada Agustus 2012, bermain 90 menit penuh dari kemenangan 4-1 atas Stevenage di Piala Liga, dan pada 10 November ia menjadi pemain termuda Southampton yang memulai permainan di Liga Premier ketika ia terpilih untuk bermain di sebelah kiri kembali melawan Swansea City, dengan hasil imbang 1-1 selama 74 menit bermain. Kemudian di bulan berikutnya, ia berusaha menepis laporan bahwa ia akan meninggalkan klub, mengklaim bahwa ia senang di Southampton.

Rumor lainnya tentang transfer tentang Shaw muncul saat jendela transfer Januari 2013, dengan Arsenal muncul sebagai kandidat utama untuk menandatangani full-back tersebut, dan manajer Arsene Wenger memuji remaja tersebut seperti sama dengan pemain sebelumnya Theo Walcott dan Alex Oxlade-Chamberlain. Chelsea juga tetap meminati, dilaporkan Southampton menolak tawaran £ 10 juta dari klub London pada bulan Januari. Dan harga terus meningkat sepanjang musim dengan Tottenham Hotspur kemudian menyatakan minat mereka, diiringi harga bek meningkat menjadi lebih dari £ 15 juta. Shaw dengan cepat berjanji kesetiaannya di klub kepada para Santo, berkomitmen terhadap masa depannya ke klub dalam menanggapi tawaran tersebut.

Shaw terus membuat penampilan reguler sepanjang musim, dan pada pertandingan terakhir manajer Nigel Adkins sebagai manajer Southampton pada 16 Januari 2013 ia merancang gol kedua pada hasil imbang 2-2 saat di kandang Chelsea, memberikan umpan silang dari sayap kiri untuk Jason Puncheon yang mengkonversi menjadi gol di menit ke-75. Dalam pertandingan tandang melawan Norwich City pada bulan Maret, Shaw terlibat dalam tabrakan dengan striker Grant Holt yang mengakibatkan wasit memberi penalti di menit pertama injury time di akhir pertandingan, meski akhirnya Artur Boruc menyelamatkan penalti dan pertandingan berakhir tanpa gol. Ia menyelesaikan musim profesional pertamanya dengan 28 penampilan bagi Southampton, termasuk 25 penampilan di Liga Premier.

Rumor transfer pendekatan untuk Luke Shaw berlanjut sampai bursa transfer musim panas 2013, dengan manajer Manchester United baru David Moyes dikabarkan berburu bek kiri antara Luke Shaw dan Leighton Baines. Pada bulan Juli, mengungkapkan bahwa Shaw akan menandatangani kontrak jangka panjang dengan Southampton setelah ia berumur 18 tahun, dan pada 12 Juli di ulang tahun ke-18, ia memang menyelesaikan penandatanganan kontrak lima tahun dengan klub Hampshire tersebut. Shaw mencetak satu gol selama pra-musim persiapan Southampton, mencetak gol terakhir dalam kemenangan 8-0 atas klub Spanyol Palamós pada tanggal 20 Juli.

Pada pertandingan pertama musim 2013-14, Shaw terlibat langsung dalam gol yang membuat Southampton menang melawan West Bromwich Albion saat ia dilanggar di area penalti oleh Youssouf Mulumbu di menit ke-89, dengan Rickie Lambert mengkonversi tendangan penalti yang berbuah gol kemenangan.

Pada tanggal 18 April, ia masuk sebagai salah satu dari enam pemain nominasi untuk PFA Young Player of the Year award. Ia juga terpilih sebagai bek kiri dalam PFA Team of the Year.

Pada tanggal 1 Juli 2014, Luke Shaw resmi bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer €30 juta dengan nilai kontrak 4 tahun.