MATS HUMMELS

MATS HUMMELS

MATS HUMMELS

Bek

Tinggi Badan

1.91 m

Bedat Badan

92 kg

Tempat Lahir

Bergisch Gladbach, West Germany

Tanggal Lahir

16/12/1988
MATS HUMMELS

Career

  • Debut Klub Borussia Dortmund

Overview

Mats Julian Hummels- Pemain kelahiran Jerman yang ahli di posisi bek tengah ini memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi sepakbola terkenal asal negaranya Bayern Munich sejak berusia 6 tahun, tepatnya pada tahun 1995. Dia bergabung di klub yang diasuh oleh ayahnya, Hermann Hummels, yang dulunya juga pemain sepak bola. Saat itu ayahnya menjadi koordinator di sektor muda Bayern. Selain Mats dan ayahnya, adiknya, Jonas, juga meniti karir di dunia sepakbola.

Dia menandatangani kontraknya sebagai pemain profesional di Bayern pada 19 Desember 2006. Hummels debut di tahun 2007 di babak final turnamen Bundesliga pertamanya yang diselenggarakan di kandang Bayern, Allianz Arena, dimana pertandingan berakhir 5-2 yang memastikan Bayern menyabet tropi kemenangan di musim tersebut.

Pada Januari 2008, bek yang memiliki spesialisasi tendangan kaki kanan ini bergabung dengan Borussia Dortmund dengan kontrak sebagai pemain pinjaman. Di musim pertamanya, dia bermain total  dan berhasil membuatnya menjadi pemain pilihan pertama di tim. Dia juga diduetkan dengan Neven Subotic. Namun di penghujung musim, Hummels harus rela melewatkan permainannya karena cedera di pergelangan kaki yang dialaminya.

Di bulan Februari 2009, dia bergabung sepenuhnya bersama Dortmund dengan biaya transfer sebesar 4 juta Euro. Kesuksesannya pun semakin melambung ketika bermain di musim 2010-2011, dimana dia menjadi pemain reguler dan pilihan pertama di posisi bek kanan, dan masih dipasangkan dengan Neven Subotic .Dua bek tersebut berperan penting dan membantu klub mendapatkan posisi atas di klasemen Bundesliga, dan berhasil menyabet gelar jawara di musim itu.

Hummel mulai bermain dengan skuad senior der Panzer di laga persahabatan melawan Malta pada 13 Mei 2010 di stadion New Tivoli, dimainkan di menit ke-46 menggantikan Serdar Tasci dan menang dengan skor 3-0. Di ajang Piala Eropa 2012, Hummels dimainkan sebagai starter di laga pembukaan ketika melawan Portugal dan memberikan kemenangan 1-0 untuk der Panzer. Di Piala Eropa tersebut, Hummels bermain selama 450 menit, setara dengan  beberapa rekan setimnya seperti Philipp Lahm, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Holger Badstuber dan Manuel Neuer. Performanya yang baik juga mendapat pujian dari berbagai pihak di ranah sepak bola Eropa.