THOMAS MÜLLER

THOMAS MÜLLER

THOMAS MÜLLER

Gelandang

Tinggi Badan

1.86 m

Berat Badan

75 kg

Tempat Lahir

Weilheim, Jerman

Tanggal Lahir

13/09/1989
THOMAS MÜLLER

Career

  • Debut Klub Bayern Munich

Overview

Thomas Müller- Merupakan punggawa Timnas Jerman yang lahir pada tanggal 13 September 1989 di Weilheim, Jerman. Muller mampu bermain di berbagai posisi di lini depan. Ia kerap bermain sebagai gelandang serang, gelandang tengah, second striker, dan bahkan pernah pula berperan sebagai seorang winger.

Bersama dengan Jerman, Ia sukses membantu Der Panzer finish ketiga di Piala Dunia 2010. Pada turnamen tersebut, ia dinobatkan sebagai pemenang Golden Boot dan dinyatakan sebagai Pemain Muda Terbaik sepanjang turnamen.

Pada tanggal 14 November 2007, pesepakbola Jerman tersebut menerima undangan untuk memperkuat tim nasional U-19 Jerman guna bermain di pertandingan melawan Inggris. Pada tanggal 3 September 2008, Muller bermain untuk tim nasional Jerman U-20 dalam pertandingan melawan Austria dan ia sukses mencetak gol pada pertandingan tersebut. Namun, karena kecintaannya terhadap FC Hollywood, ia menolak untuk mewakili Jerman pada level junior sehingga ia bisa berkonsentrasi pada kinerjanya bersama dengan Bayern.

Muller membuat debut Bundesliga untuk Bayern Munich dalam pertandingan melawan Hamburger SV pada tanggal 15 Agustus 2008 dan telah bermain untuk klub sejak debutnya tersebut. Pada 12 September 2009, Muller mencetak gol perdananya. Pada pertandingan yang berjalan timpang tersebut, Müller bahkan mencetak dua gol dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund. pertandingan tersebut berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Bayern.

Tiga hari kemudian, pesepakbola asal Jerman tersebut menyumbangkan gol lagi dalam pertandingan Liga Champions melawan Maccabi Haifa. Muller dinobatkan sebagai Bundesliga Best Rookie pada musim 2009/10 dengan 13 gol dan 10 assist yang ia buat untuk FC Hollywood.

Pada tanggal 3 Maret 2010, Muller menerima panggilan dari tim nasional senior Jerman. Pertandingan pertamanya untuk Jerman adalah kala Jerman bertanding melawan Argentina di stadion kebanggaan FC Hollywood, Allianz Arena. Muller diganti di menit ke-66 oleh pemain debutan Toni Kroos. Pada pertandingan tersebut, Jerman harus menyerah 0-1 dari Argentina.

Tak butuh lama bagi Muller untuk memperlihatkan kemampuannya bagi tim nasional Jerman. Namanya diikutkan dalam skuad Jerman kala berlaga di Piala Dunia Afrika Selata. Ia sanggup bermain dengan sangat baik sepanjang turnamen sepak bola terbesar di dunia tersebut. Thomas Muller berhasil membantu Jerman finish di peringkat tiga setelah membantai Inggris dengan skor 4-1 dan mempermalukan Argentina 4 gol tanpa balas dalam perjalanan menuju ke semifinal turnamen. Meski kalah di semifinal, Muller dinyatakan sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan torehan 5 gol dan 3 assist yang ia persembahkan untuk Timnas Jerman.

Kemampuan Muller kerap dibandingkan dengan striker legendaris Jerman, Gerd Muller. Banyak pihak yang memprediksi bahwa ia akan mampu meraih  kesuksesan sebagai bomber kebanggaan Jerman layaknya Gerd Muller.