Duel besar antara Barcelona dan Manchester City, akan kental dengan momen kembalinya Pep Guardiola ke Camp Nou untuk kali kedua.


Databola.net- Laga yang dinanti-nanti antara Barcelona dan Manchester City akan segera tersaji di Camp Nou, pada matchday ketiga Grup C Liga Champions, Kamis (20/10) dini hari WIB.

Pertandingan ini akan menjadikan manajer Manchester City, Pep Guardiola, sebagai sorotan utamanya. Ia adalah salah satu sosok yang paling dicintai publik Catalan, seturut riwayatnya yang pernah membawa Barca raih tiga gelar Liga Champions baik sebagai pemain maupun pelatih.

Kepulangan Pep ke Camp Nou nanti akan jadi kali kedua, setelah melakukannya bersama Bayern Munich pada musim 2014/15 lalu. Kala itu tim asuhannya dibantai Blaugrana tiga gol tanpa balas.

Pelatih Barca, Luis Enrique, yang merupakan sahabat baik Guardiola pun tak sabar menantikan pertemuan ini. Ia memprediksi laga kontra Manchester City akan berjalan atraktif.

“Saya bahkan belum berbicara apapun dengan Pep jelang partai ini. Namun ini justru jadi cara terbaik untuk menghadapi laga panas ini. Manchester City akan jadi rival yang atraktif buat kami dan Pep akan membuat klub melanjutkan perkembangan pesatnya,” ujar Enrique, seperti dikutip Eurosport.

Barca sendiri tengah dalam momentum yang cukup baik. Los Cules menyambut berakhirnya jeda internasional dengan kemenangan telak 4-0 atas Deportivo La Coruna akhir pekan lalu. Segalanya semakin baik karena sang bintang utama, Lionel Messi, sudah comeback dari cedera bahkan langsung cetak gol.

Satu hal dari Barca yang mungkin akan mengejutkan Manchester City adalah formasi baru mereka, yakni 4-3-3. Dalam beberapa partai terakhir Enrique terus mematangkan skema alternatif ini dan hasilnya sama sekali tak buruk. Bukan tak mungkin ini jadi momen sang juru taktik menerapkannya di partai besar.

2

Perhatian Utama dalam laga ini, Guardiola

Manchester City sendiri terlihat amat serius jelang lawatannya ke Camp Nou. Guardiola bahkan meracik ramuan rahasia untuk bendung Barca, melalui formasi yang juga gunakan tiga bek, yakni 3-4-3.

Skema itu dipraktikannya melawan Everton akhir pekan lalu. Sirkulasi permainan berjalan baik, meski hasil akhirnya kurang memuaskan. City yang menguasai permainan hingga 72 persen bernasib buruk karena dua penalti yang dihadiahkan tak satu pun berbuah gol.

Guardiola juga menegaskan bahwa dirinya pulang ke Camp Nou bukan untuk berbaik hati, tapi untuk mencuri tiga poin. Ia bahkan tak memandang hasil imbang sebagai akhir yang baik untuk The Citizens.

“Barca adalah lawan yang spesial karena Anda semua tahu alasannya. Namun saya pergi ke sana bukan untuk membayangkan pulang dengan tangan hampa atau raihan satu poin,” ujar Pep, seperti dilansir Big Sport.

Di sisi lain Guardiola juga harus melihat fakta bahwa situasi terkini timnya tidaklah bagus. City tak pernah menang dalam tiga laga terakhirnya di semua kompetisi, dengan dua hasil seri dan sekali kalah.

Selain itu Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan David Silva tak dalam kondisi fisik 100 persen usai pulih dari cedera. Sang bintang utama, Sergio Aguero, juga tengah terpuruk mentalnya akibat kegagalan penalti pada dua partai terakhirnya di timnas dan klub.

Karenanya tak berlebihan jika Barca diprediksi kuat akan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan, meski sang tamu akan berikan perlawanan super ketat.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (3-4-3): Ter Stegen; Mascherano, Pique, Umtiti; Rafinha, Busquets, Rakitic, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar

Manchester City (4-1-4-1): Bravo; Zabaleta, Stones, Otamendi, Kolarov; Fernandinho; Sterling, Silva, De Bruyne, Nolito; Aguero

Leave a Reply