Gol dramatis Andre Schurrle di pengujung pertandingan memperpanjang rekor tak pernah menang Real Madrid di Signal Iduna Park, markas Borussia Dortmund, dalam empat pertandingan! Saat sepertinya akan meraup poin sempurna dengan keunggulan 2-1, tiga menit sebelum bubaran Schurrle menjadi juru selamat Dortmund.

Dengan demikian, Los Blancos dan BVB berbagi satu angka dengan masing-masing masih tetap menempati posisi dua teratas klasemen Grup F Liga Champions dengan torehan poin yang sama, yakni empat.

Babak Pertama

Laga beru berjalan tiga menit, Madrid sudah melakukan gempurannya lewat tendangan bebas. Ronaldo mengambil eksekusi, akan tetapi usahanya mampu diblok kiper Roman Burki.

Hanya berselang semenit, kesempatan sama didapatkan tuan rumah. Gonzalo Castro melepas sepakan yang melewati pagar betis namun sukses dihalau penjaga gawang Keylor Navas.

Dortmund sempat protes ke wasti di menit ke-11 ketika Ronaldo seperti menyentuh bola di area terlarang. Namun, permintaan tendangan 12 pas dari anak-anak BVB tidak digubris wasit, yang menganggap itu adalah momen d luar kotak penalti.

Seolah ingin membayar kekacauan tadi, bintang Portugal itu melesatkan gol di menit ke-17 setelah sepakan kerasnya dari jarak dekat tak kuasa diredam Burki. Gol ini sekaligus juga membuat Ronaldo jadi raja gol di fase grup UCL, melewati rekor Lionel Messi, dengan torehan 45!

Memasuki menit ke-25, Dortmund coba menemukan momentumnya saat Ousmane Dembele menusuk box Madrid dari sisi kanan dan melepas sepakan ke arah tiang jauh. Nahas, arahnya melenceng tipis saja.

Kembali serangan Dortmund membuat publik Madrid berdebar saat sepakan sudut Dembele memanjakan Sokratis Papastathopoulos untuk menghajar bola. Tetapi dengan cemerlangnya, Navas menepisnya.

Tiga menit sebelum paruh pertama rampung, terjadi dua momen krusial. Pertama, Dortmund akhirnya membalas ketertinggalan melalui aksi Pierre-Emerick Aubameyang dengan memanfaatkan bola liar hasil tendangan bebas Castro, skor kini 1-1. Kedua, sejatinya Ronaldo kembali menamakan diri di papan skor, akan tetapi torehan sang mega bintang kali ini dianulir lantaran dia berada dalam posisi offside.

Babak Kedua

Dortmund mengawali 45 menit kedua dengan cukup meyakinkan saat Aubameyang meliuk-liuk memperdaya pertahanan Madrid sebelum melepas hentakan ke tiang jauh, namuan Navas kembali menunjukkan gerak reflek sempurna.

Usaha itu dibalas dengan peluang bagus yang diperoleh Madrid, sejam laga berjalan. Sergio Ramos mendapat ruang untuk mengirim umpan silang yang ditanduk Ronaldo. Sayang, bola menjurus ke samping gawang Burki. Demikian juga sundulan Gareth Bale beberapa saat kemudian yang melintas di atas mistar gawang.

Menginjak menit ke-68, publik Signal Iduna Park kembali terdiam saat sepakan voli Karim Benzema mengenai tiang gawang, lalu bola rebound disambar Varane untuk kembali membawaLos Blancos berada di atas angin. 2-1!

Sayangnya, keunggulan ini tak kuasa dipertahankan anak-anak Zinedine Zidane seiring dengan hadirnya kembali gol balasan yang menyeimbangkan kedudukan. Adalah Andre Schurrle via sepakan setengah volinya, yang tak sanggup dibendung Navas, tiga menit sebelum waktu normal habis.

Di masa injury-time, Madrid sempat mendapatkan kesempatan bagus saat kerja sama antara Alvaro Morata dan Bale gagal terselesaikan dengan sempurna. Wasit meniup peluit panjang, papan skor menunjukkan angka sama kuat, 2-2.