Databola.net- Pelatih berusia 69 tahun itu secara resmi ditunjuk sebagai pengganti Danny Blind, penunjukan ini akan menjadi kesempatan yang ketiga baginya dalam menangani Belanda.

Asosiasi sepakbola Belanda (KNVB) telah resmi mengumumkan penunjuk Dick Advocaat sebagai pelatih tim nasional.

Tim Oranje sebelumnya sedang dalam masa pencarian pelatih baru setelah memecat Danny Blind usai mengalami kekalahan di laga kualifikasi Piala Dunia saat menghadapi Bulgaria pada Maret lalu. Kini Advocaat sudah resmi akan menjadi pelatih kepala timnas Belanda untuk yang ketiga kali sepanjang karirnya.

Dick Advocaat ditunjuk untuk menangani tim hingga babak kualifikasi untuk tampil di Piala Dunia Rusia pada 2018 berakhir. Kesepakatan mungkin saja diperpanjang jika Timnas Belanda berhasil lolos hingga ke putaran final.

Ruud Gullit dipilih sebagai asistennya. Dia dan Advocaat akan menjalani periode sulit karena Oranje kini masih menempati peringkat empat Grup A dengan perolehan hanya tujuh poin dalam lima laga yang sudah dilakoni, mereka juga tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen Prancis.

Kembalinya pelatih berusia 69 tahun itu merupakan hal yang kontroversial. Sang pelatih veteran sebelumnya memutuskan meninggalkan jabatannya sebagai asisten Blind untuk pindah ke klub Turki, Fenerbahce pada Agustus 2016, hanya tiga bulan setelah menerima pekerjaan tersebut.

KNVB sebelumnya melakukan pendekatan dengan mantan pelatih Ajax, Henk ten Cate. Tapi pelatih berusia 62 tahun itu menolak tawaran tersebut karena merasa kurang mendapat dukungan penuh dari pihak asosiasi Belanda. Hal itu kemudian membuka jalan bagi Advocaat untuk mengambil alih jabatan sebagai pelatih timnas Belanda.

201526_heroa

Leave a Reply