Databola.net- Periode kepelatihan Sam Allardyce di tim nasional Inggris berjalan singkat menyusul terungkapnya pemberitaan kontroversial dan posisi kepala pelatih timnas Inggris untuk sementara digantikan Gareth Southgate.

Sam Allardyce resmi dipecat sebagai manajer tim nasional Inggris menyusul beredarnya pemberitaan kontroversial di mana ia menginformasikan kepada reporter yang menyamar bahwa aturan kepemilikan pihak ketiga dalam sepakbola dapat diakali.

Periode Big Sam di Three Lions hanya bertahan dua bulan dan untuk sementara pelatih Inggris U-21 Gareth Southgate akan mengambil alih kendali tim senior buat empat pertandingan ke depan, yaitu kualifikasi Piala Dunia 2018 saat menghadapi Malta, Slovenia, dan Skotlandia, plus uji coba menghadapi Spanyol.

Media – media di Inggris meungkapkan bahwa Allardyce tersangkut polemik serius setelah dalam laporan investigasi dia terekam kamera menyampaikan sejumlah perkataan kontroversial kepada reporter yang berpura-pura menjadi pebisnis yang hendak mengeruk profit dari bursa transfer Liga Primer Inggris.

Dalam Aturan FA yang melarang adanya kepemilikan pihak ketiga untuk pemain disebutnya “bisa diakali”, dan mantan pelatih Sunderland itu menjelekkan Roy Hodgson serta Gary Neville dan juga menyebut keputusan FA merenovasi stadium Wembley adalah bodoh.

“FA bisa mengonfirmasikan bahwa Sam Allardyce telah meninggalkan posisinya sebagai manajer Inggris,” demikian pernyataan resmi FA.

“Perbuatan Allardyce, seperti dilaporkan hari ini, tidak pantas sebagai manajer Inggris. Dia menerima bahwa dirinya telah membuat kesalahan penilaian signifikan dan telah meminta maaf kepada publik. Namun, karena ini adalah hal serius maka FA dan Allardyce telah meraih kesepakatan bersama untuk memutuskan kontraknya secara langsung.”

“Ini bukan keputusan yang diambil dengan mudah tetapi prioritas FA adalah melindungi kepentingan sepakbola yang lebih luas dan mempertahankan standar perilaku tertinggi dalam sepakbola Inggris.”

“Manajer tim senior Inggris adalah sebuah posisi yang harus selalu mendemonstrasikan kepemimpinan kuat dan menunjukkan respek untuk integritas permainan.”

“Gareth Southgaet akan memimpin tim senior Inggris untuk empat laga ke depan melawan Malta, Slovenia, Skotlandia, dan Spanyol sementara FA memulai pencarian untuk manajer Inggris yang baru.”

“FA mengharapkan yang baik untuk Sam di masa datang.”

 

Leave a Reply