Databola.net- Nama Cristiano Ronaldo dicatut dalam kasus menghindari pajak dari pengadilan Spanyol. Menurut media Spanyol mengatakan bahwa ada indikasi Ronaldo berusaha menghindari membayar pajak di Spanyol dengan cara mengalirkan pendapatan dari hak citra dirinya ke luar negeri.

Ronaldo terindikasi mengalirkan dana yang dia dapatkan dari hasil sponsorship ke Irlandia, tepatnya ke perusahan Multisports & Image Management Ltd (MIM). Perusahaan ini memang menerima aliran dana dari sponsorship di Eropa Barat.Di Irlandia, pajak korporasi hanya sebesar 12,5 persen, sementara di Spanyol sebesar 43,5 persen.

0000164384

Ronaldo mengalirkan pendapatannya dari sponsorship bersama Nike, Toyota, KFC, Unilever dan Konami ke Irlandia via MIM. Otoritas pajak Spanyol pun sudah berniat membuka tahap penyelidikan apakah negara mereka dirugikan oleh tindakan Ronaldo itu. Mereka tidak berniat menuntut Ronaldo secara pidana karena hanya ingin mengejar pendapatan saja.

Jika Ronaldo dinyatakan bersalah oleh otoritas Spanyol, maka dirinya kemungkinan harus membayar seluruh kerugian dan juga dendanya. Namun yang masih menjadi perdebatan adalah bahwa yang dilakukan Ronaldo kali ini legal, setidaknya di bawah hukum Uni Eropa. Ia bukannya tidak membayar pajak, tetapi mengalihkan pembayaran pajak itu ke negara lain yang sama-sama menjadi anggota Uni Eropa.

Perwakilan Cristiano Ronaldo juga menyampaikan bahwa kriennya selalu sadar akan kewajibannya membayar pajak sejak awal kariernya. Ia tidak pernah bermasalah dengan petugas pajak. Seluruh pendapatannya dikelola berdasarkan hukum yang berlaku saat ini.

090101500_1465444527-000_bn4yt

Leave a Reply