Databola.net- Grup pemilik klub Inter dan Jiangsu Suning ini telah mengamankan kesepakatan kontrak hak siar televisi Liga Primer Inggris di Tiongkok untuk tiga musim dengan nilai fantastis mencapai $721 juta.

Dengan semakin banyaknya masyarakat Tiongkok yang meminati EPL membuat pengusaha di Ngeri Tirai Bambu berani mengeluarkan dana besar untuk membeli Hak Siar Liga Pramier Inggris.

Sekarang pengusaha Tiongkok sudah mulai menggeser perusahaan Amerika Serikat sebagai pemegang rekor hak siar termahal Liga Primer Inggris di luar negeri menyusul kesepakatan kerjasama yang dicapai Suning Holdings Group.

Dilansir Goal Tiongkok, Suning membeli hak siar EPL untuk wilayah Tiongkok dan Makau dengan nilai total mencapai $721 juta selama tiga tahun, dimulai dari musim 2019/20.

NBC, pemegang hak siar EPL di Negeri Paman Sam, diketahui membayar $166,66 juta per tahun selama enam musim untuk menyiarkan pertandingan EPL, sementara nilai transaksi Tiongkok ini mencapai $240,33 juta per tahunnya. Nominal wah ini berharga sepuluh kali lipat dibandingkan yang dibayarkan Super Sports Media Group, penguasa hak siar EPL di Negeri Tirai Bambu saat ini.

Kesepakatan kontrak ini semakin menegaskan kekuatan finansial Suning. Selain membeli klub Liga Super Tiongkok (CSL) Jiangsu Sainty yang kemudian berubah nama jadi Jiangsu Suning pada Desember 2015, perusahaan ini juga baru mengakusisi tim Serie A Italia Inter, Juni lalu.

Adapun Jiangsu dua kali memecahkan rekor transfer di Liga Super Tiongkok atau di singkat CSL pada Januari tahun ini, dengan mendatangkan Ramires dari Chelsea seharga £25 juta dan menebus Alex Teixeira dari Shakhtar Donetsk dengan banderol £50 juta.

cn9nd25vmaabsiu